Portable Ubuntu, eh ?

Sudah lama gak posting disini. Kalo nggak diingatkan sama mas tunggul mungkin dah lupa punya blog ini .. 🙂

Alhamdulillah ada yang mengingatkan. Sebenarnya saya masih mencoba untuk membagi segmentasi topik antar blog. Khususnya dengan blog yang satu ini (http://jendalsepit.web.id/). Maksudnya agar tidak saling timpang. Jadinya nggak fokus. Tapi untuk sementara nggak apa lah. 🙂

Ok, kembali ke topik di atas. Mungkin sejenak bertanya-tanya, emang ada portable Ubuntu ? Trus apa bedanya dengan Live-CD Ubuntu yang udah ada ? Jawabannya: BEDA! Kok bisa ? Ya iya. Sederhananya, Portable Ubuntu ini bisa jalan di atas Windows (XP/Vista) tanpa harus menggunakan Virtual Machine-Engine (Semacam VM-Ware, Virtual PC, Virtual Box, dsb). Alias bisa jalan langsung!
Download Ubuntu Portable di sini (438MB). Trus klik dua kali portable_ubuntu.exe untuk menjalankannya (standar-lah), selanjutnya tinggal masukkan dan jalankan. Is it enough ? Yup. InsyaAllah..

Perhatikan, Bar Appearance khas Ubuntu akan muncul saat pertama kali CD dimasukkan. Cuma itu ? Eit, Bar Appearance Ubuntu yang tampak itu adalah sistem Ubuntu yang utuh alias Full Ubuntu System. Dalam sistem tersebut telah disertakan Firefox 3.01, Pidgin, F-Spot, Totem, Abi Word & Gnumeric (pengganti OO), Rhytmbox dan yang lainnya.

Default Password untuk Root : 123456

Anda juga dapat install program di sini. Seperti biasa, bisa gunakan Synaptic tanpa ada masalah. Bisa juga install VLC, OpenOffice (OO), dsb.

Ubuntu, hebat ya … 🙂 Setidaknya sembari anda menggunakan Windows (bajakan), anda bisa juga merasakan mudahnya menggunakan Ubuntu tanpa harus melakukan reboot.

Masih penasaran ? Download aja dan rasakan .. Yuk ah..

Jayalah Open Source Indonesia !